Widget HTML Atas

Daftar Terbaru 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020 Untuk Kamu yang Baru Daftar Kuliah

Melanjutkan biaya pendidikan tinggi ke universitas dengan kualitas tinggi menjadi keinginan banyak para pelajar sekolah menengah. Universitas yang berkualitas memungkinkan para mahasiswa mengakses sistem pengajaran terbaik, dosen-dosen hebat, perpustakaan dan sumber literasi yang lengkap, juga jaringan alumni luas yang akan sangat berguna pasca kelulusan kelak.
Sebuah lembaga pemeringkat sekolah-sekolah di seluruh dunia, QS World University Ranking 2016/2017 merilis daftar 550 universitas terbaik sejagat raya. Penasaran, kan, apakah ada universitas asal Indonesia yang masuk dalam daftar?
Tentu saja, ada! Ada kurang lebih 10 universitas di Indonesia yang masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia dan di Asia. Yuk, kita lihat daftarnya berikut ini:

Baca Juga: Universitas Terbaik Dengan Akreditas A di Yogyakarta Rekomendasi Buat Kamu!!

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia menempati ranking pertama dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2016-2017. Kampus yang identik dengan jas kuning ini merupakan universitas tertua di Indonesia yang sudah hadir sejak tahun 1849.
Dalam daftar Universitas Terbaik di Dunia, UI menempati ranking 325, naik dari posisi tahun sebelumnya di peringkat 358. Adapun di daftar Universitas Terbaik di Asia 2016, UI menempati peringkat 67.
Kampus UI berpusat di Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta Pusat. Perpustakaan UI dinilai sebagai salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia dengan kapasitas 1,5 juta buku.

Insititut Teknologi Bandung (ITB)

universitas terbaik di indonesia
(source: itb.ac.id)
Insititut Teknologi Bandung (ITB) terletak di Bandung, Jawa Barat. Kampus Ganesha ini menempati ranking 401-410 di jajaran universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2016/2017.
Adapun di level Asia, ITB menempati peringkat 86. Kampus ITB pada mulanya didirikan pada tahun 1920 sebagai bagian dari Delft Institute of Technology, Belanda. ITB banyak menghasilkan insinyur dan pakar-pakar perminyakan dan arsitektur hebat. Di jajaran sekolah teknik, ITB masuk di kelompok 300 terbaik di seluruh dunia.

Universitas Gadjah Mada (UGM)


Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berlokasi di Yogyakarta ini juga merupakan salah satu universitas ternama di Indonesia. UGM yang juga sering dikenang sebagai Kampus Ndeso ini tercatat di peringkat 501-550 di daftar QS World University Rankings dan peringkat 105 di daftar universitas terbaik Asia.
UGM berdiri sejak tahun 1949 dan menjadi universitas terbesar di Indonesia saat ini. Kampus yang berpusat di kawasan Bulaksumur ini menjadi tempat mencari ilmu kurang lebih 50.000 mahasiswa yang tersebar di 18 fakultas, termasuk 1.187 mahasiswa asing.

Universitas Airlangga (Unair)

universitas terbaik di indonesia
Universitas Airlangga biasa disebut dengan nama Unair, terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas Airlangga secara resmi berdiri sejak tahun 1954. Namun, latar belakang kelahiran Unair sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 1847. Ketika itu, pemerintah kolonial Belanda berniat mendirikan sekolah khusus kedokteran sehingga pada 2 Januari 1849, berdirilah NIAS atau Nederlandsxh Indische Artsen School sebagai sekolah pendidikan dokter di Surabaya, Jawa Timur.
Sekolah inilah yang menjadi cikal bakal Universitas Airlangga. Saat ini, jumlah mahasiswa yang menuntut pendidikan di Unair kurang lebih 40.000 mahasiswa.
Universitas Airlangga menempati peringkat 190 dalam daftar QS University Ranking di Asia.

Insititut Pertanian Bogor (IPB)

universitas terbaik di indonesia
Institut Pertanian Bogor (IPB) berdiri sejak 1 September 1963. Sekolah tinggi yang memiliki spesialisasi sebagai sekolah pertanian ini terlahir dari visi para pemimpin bangsa yang menilai Indonesia membutuhkan sekolah berkualitas yang mampu melahirkan para ahli di bidang pertanian, bioscience dan berbagai bidang keilmuan yang terkait.
Sebelum resmi berdiri sebagai universitas yang mandiri, IPB adalah bagian dari Universitas Indonesia fakultas pertanian. Saat ini IPB memiliki 9 jurusan studi, 1 pascasarjana, sekolah bisnis dan program diploma.
IPB menempati peringkat 191 universitas terbaik di Asia dan kelompok urutan 51-100 di jajaran perguruan tinggi di segmen pertanian dan kehutanan terbaik.

Universitas Diponegoro (Undip)

universitas terbaik di indonesia
Universitas Diponegoro berdiri sejak tahun 1957 sebagai perguruan tinggi swasta dengan nama Universitas Semarang.
Namun, pada tahun 1961, Presiden RI Soekarno memberi nama Universitas Diponegoro dan akhirnya perguruan tinggi ini bersalin status sebagai universitas negeri. Undip saat ini berada di peringkat kelompok 231-240 universitas terbaik di Asia.

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

universitas terbaik di indonesia
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah kampus yang terletak di Surabaya, Jawa Timur.Berdiri sejak 10 November 1957. Mirip dengan ITB, kampus ini memiliki spesialisasi sebagai kawah candradimuka yang melahirkan para ahli dan pakar di bidang sains dan teknologi.
Kampus ITS terbagi atas beberapa bagian kawasan, yaitu di Sukolilo seluas 180 hektare, lalu kampus Manyar seluas 5.000-an meter persegi dan kampus ITS Cokroaminoto seluas 4.000 m2. ITS saat ini memiliki 8 fakultas dan akan menjadi 10 fakultas pada September 2017 nanti.
ITS menempati peringkat 251-300 di Asia menurut versi QS University Ranking Asia.

Universitas Muhammadiyah Surakarta

universitas terbaik di indonesiaInilah universitas swasta yang menyodok ke jajaran 10 besar universitas terbaik di Indonesia. Mengutip website QS University Ranking, UMS berada di jajaran 251-300 jajaran universitas terbaik di Asia.
UMS sejauh ini tercatat sebagai salah satu dari 164 perguruan tinggi yang dikelola oleh PP Muhammadiyah. Saat ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki 11 fakultas, 44 diploma dan doktoral studies, dan berbagai macam pilihan studi lain yang bisa dipilih oleh mahasiswa.

Universitas Brawijaya (Unibraw)

universitas terbaik di indonesia
Universitas Brawijaya berada di Malang, Jawa Timur. Perguruan tinggi ini berdiri sejak tahun 1963. Saat ini, Universitas Brawijaya atau biasa disebut juga dengan nama Unibraw memiliki 11 fakultas.
Pada 2016/2017, QS University Rankings Asia menempatkan Unibraw di kelompok peringkat 301-350 jajaran universitas terbaik di benua Asia.

BINUS University

Image result for binus university
Universitas Bina Nusantara atau Binus University semula lahir sebagai lembaga pelatihan komputer benama Modern Computer Course yang berdiri pada 21 Oktober 1974. Lembaga kursus ini berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer pada tahun 1981. Lalu tiga tahun kemudian, bersalin nama menjadi AMIK Jakarta. Pemakaian nama Bina Nusantara dimulai sejak tahun 1985.
AMIK lalu membentuk STMIK Bina Nusantara pada 1 Juli 1986 dan menawarkan program sutdi sarjana di bidang manajemen informatika dan teknik informatika. Dari latar belakang inilah, Universitas Bina Nusantara berdiri pada 8 Agustus 1996.

Dengan spesialisasi sebagai kampus teknologi informasi, Binus University kini menjelma menjadi salah satu universitas yang disegani di Indonesia. QS University Ranking menempatkan Binus University, yang berlokasi di Jakarta dan Serpong, ini ke kelompok peringkat 301-350 universitas terbaik di kawasan Asia.

50 universitas terbaik Indonesia

Bagi yang penasaran 50 universitas terbaik Indonesia 2020 versi 4ICU, ini daftarnya:
1. Universitas Gadjah Mada
2. Universitas Indonesia
3. Universitas Pendidikan Indonesia
4. Universitas Diponegoro
5. Universitas Brawijaya
6. Universitas Negeri Yogyakarta
7. Universitas Lampung
8. Universitas Airlangga
9. Institut Pertanian Bogor
10. Universitas Negeri Semarang
11. Universitas Muhammadiyah Surakarta
12. Institut Teknologi Bandung
13. Universitas Negeri Malang
14. Universitas Sumatera Utara
15. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
16. Universitas Bina Nusantara
17. Universitas Telkom
18. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
19. Universitas Jember
20. Universitas Udayana
21. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
22. Universitas Andalas
23 . Universitas Sebelas Maret
24. Universitas Hasanuddin
25. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
26. Universitas Muhammadiyah Malang
27. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
28. Universitas Islam Indonesia
29. Universitas Islam Negeri Walisongo
30. Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau
31. Universitas Pasundan
32. Universitas Negeri Surabaya
33. Universitas Syiah Kuala
34. Universitas Mercu Buana
35. Universitas Gunadarma
36. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
37. Universitas Jambi
38. Universitas Ahmad Dahlan
39. Universitas Dian Nuswantoro
40. Universitas Sriwijaya
41. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
42. Universitas Sam Ratulangi
43. Universitas Negeri Padang
44. Universitas Sanata Dharma
45. Universitas Narotama
46. Universitas Komputer Indonesia
47. Universitas Mataram
48. Universitas Jenderal Soedirman
49. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
50. Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Baca Juga: Daftar Kampus Teknik Sipil Terbaik di Indonesia Rekomendasi


Apakah kampus incaran kamu masuk di dalam daftar ini? Atau, salah satu perguruan tinggi yang kamu idam-idamkan sudah masuk di jajaran 10 universitas terbaik di Indonesia saat in? Kalaupun belum, jangan putus asa. Buatlah sekolah kamu agar menjadi yang terbaik!


Penelusuran yang terkait dengan Universitas Terbaik di Indonesia 2020
  • universitas terbaik di indonesia 2020 versi kemenristekdikti
  • universitas terbaik di indonesia 2020 versi dikti
  • 10 universitas terbaik di indonesia 2020
  • 50 universitas terbaik di indonesia 2020
  • universitas terbaik di dunia 2020
  • peringkat universitas di indonesia 2020 versi dikti
  • universitas swasta terbaik di indonesia 2020
  • ptn terbaik 2020 versi kemenristekdikti

Tidak ada komentar untuk "Daftar Terbaru 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020 Untuk Kamu yang Baru Daftar Kuliah"