Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNTAN Universitas Tanjungpura 2019/2020

 Universitas Tanjungpura atau yang biasah disingkat dengan nama UNTAN adalah sebuag Perguruan Tinggi yang berada didaerah Pontianak Kalimantan Barat dan didirikana pada tanggal 10 maret 1959 yang dikukuhkan oleh Jajaran Perguruan Tinggi Daja Nasional dan berdasarkan Akte Notaris No 13,, Kantor (W.S) Achmad Moutadha Pontiana.
Dalam perkembangan Perguruan Tinggi ini sempat mengalami beberapa berubahan nama mulai dari Universitas Swasta Daya Nasional (20 Mei 1959) yang Cuma nmemiliki dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan fakultas Tata Niaga, Universitas Negeri Pintianak (UNEP) (16 Mei 1963) yang diresmikan berdasarkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 tahun 1963 yang bersamaan dengan dibukanya dua Fakultas : Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta Perubahan Fakultas tata Niaga Menjadi Fakultas Ekonomi.

Suksesi tersebut dipelopori oleh Ir. Soedarso Rawidjo, Kepala Dinas pertanian Prop. Kalimantan Barat dan Pelopor Pembukaan Fakultas teknik dalah Ir. Ketut Kontra, Kepala PLN Kalimantan Barat saat itu, Universitas Dwikora (14 September 1965) berdasarkan dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965, dan bersaman dengan pembukaan dan peresmian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) yang dipelopori oleh Drs. Soepardal yang menjabat sebagai  Kepala bagian Sosial Politik pada Kantor Gubernur KDH Prop. Kalbar, Universitas Tanjungpura (UNTAN) (15 Aguatus 1967) yang diresmikan berdasarkan dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 171 tahun 1967.

Dalam penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Tanjungpura memiliki beberapa jalur yang terdiri dari:
  1. Jalur SNMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui seleksi Nasional yang diperuntukkan bagi siswa/siswi berprestasi di sekolahnya dengan didasari pada nilao raport dan prestasi lain yang relevan.
  2. Jalur SBMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang bertujuan untuk menjaring siswa/siswi yang mempunyai kualitas yang baik dengan melakukan seleksites tulis dan ujian tamahanketerampilan untuk calon mahasiswa yang mengambil bidang Seni dan Olahraga.
  3. Jalur Mandiri, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diadakan secara khusus dan bertujuan untuk memberi kesempata pada calon yang mampu menyelesaiakan pendidikan di UNTAN dengan waktu yang berlaku.
  4. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa yang diperuntukkan bagi siswa/siswi kurang mampu dalam hal ekonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang bagus.
  5. jalurPascasarjana, merupakan jalur Penerimaan clalon mahasiswa baru dengan jenjang Pascasarjana.

Biaya Kuliah UNTAN Universitas Tanjungpura

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNTAN (Universitas Tanjungpura)

Pendaftaran Online UNTAN (Universitas Tanjungpura)

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNTAN sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNTAN Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNTAN : SPMB UNTAN, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTAN, Pendaftaran UNTAN Online, Pendaftaran Online UNTAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAN, Cara dan Panduan Pendaftaran UNTAN, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNTAN.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk UNTAN Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNTAN secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://www.untan.ac.id.

Sekian informasi biaya kuliah UNTAN yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNTAN ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNTAN. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

biaya kuliah untan jalur mandiri, uang kuliah persemertr untan, biaya, biaya pendaftaran di untan, biaya kuliah untan pontiana, biaya kuliah untan, biaya kuliah mandiri 2 universitas tanjung pura, biaya kuliah jalur mandiri di untan, biaya kuliah farmasi sore untan, uang per semester di universitas tanjungpura

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNTAN Universitas Tanjungpura 2019/2020"