Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNSRAT Universitas Sam Ratulangi 2019/2020

 Universitas Sam Ratulangin atau yang biasah disingkat UNSRAT adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang didirikan dengan tujuan untuk ikut menciptakan dan meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan kualitas anak bangsa untuk memajukan Negara, yang mempunya Motto Sitou Timou Tomou Tou.
Unsrat merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berada didaerah  Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Yang didirikan pada tanggal 14 September 1965, dengan Rektor Prof.Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA. Pada awal berdirinya Universitas Sam Ratulangin pertama kali merintis Universitas Pinaesaan yang berdiri pada tanggal 01 Oktober 1954  berada di Kota Tondano, dan baru memiliki satu Fakultas yaitu Fakultas Hukum. Akan tetapi seluruh elemen masyarakat terus berjuang untuk mengembangkan Universitas Pinaesaan sebelum memiliki Perguruan Tinggi Negeri.
Dengan gigih dan kosisten untuk menjadikan Perguruan Tinggi Negeri dan pada Akhirnya semua elemen masyarakat seperti Pemerintah Daerah, Pemuka Militer, Sipil dan Cendekiawan bersatu dengan bulat tekat yang kuat untuk mewujudkan keinginan bersama. Semua kerja keras akhirnya terjawab pada tanggal 04 Juli 1961, akan tetapi waktu itu masih bernama UNISUT (Universitas Sulawesu Utara dan Tengah), sesuai dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 22/1961, dan masih memiliki lima Fakultas, yang terdiri dari:
  1. Fakultas Hukum,
  2. Fakultas Ekonomi,
  3. Fakultas Kedokteran,
  4. Fakultas Pertanian, dan
  5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Dengan perkembangan UNISUT tepatnya pada periode 1961-1965 dan berdasarkan dengan Surat KeputusanPresiden Republik Indonesia Nomor 277 tanggal 14 September 1965, yang berisi bahwasanya Universitas Sulawesi Utara dan Tengah di ganti nama menjadi Universitas Sam Ratulangin dan bersamaan dengan pergantian status swasta menjadi Negeri.

Nama Sam Ratulangi di ambil dari nama Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia dan disebut-sebut maha Putera Indonesia , beliau juga pejuang kemerdekaan di daerah Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara yang bernama Dr. G.S.S.J. Ratulangi. Beliau lahir pada tanggal 05 November 1890 di Tondano dan meninggal pada tanggal30 Juni 1949 di Jakarta.
Dalam pendaftaran di Universitas Sam Ratulangin menyediakan beberapa jalur pendaftaran calon mahasiswa, yang meliputi dari,
  1. Jalur SNMPTN, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru dengan jalur undangan dan hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mempunyai prestasi akademik yang unggul dan memenuhi persyaratan dan ketentuan tertentu.
  2. Jalur SBMPTN, merupakan jalur pendaftaran calon mahasiswa dengan melewati ujian tulis, sedangkan bagi yang mengambil jurusan Seni atau Olahraga harus mengikutiujian tambahan yang berupaujian keterampilan.
  3. Jalur Tumou Tou (T2), merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru dengan melalui seleksi berdasarkandengan prestasi-prestasi yang telah didapat siswa/siswi selama masih sekolah dan ditambah dengan ujian tulis.
  4. Jalur Sumikolah, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru dengan melalui ujian tulis, untuk jadwal ujian dan materi ujian dapat diakses melalui alamat http://www.um.unsrat.ac.id.
  5. Jalur Kemitraan, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui program kemitraan berupa BUMN atau perusahaan yang mempunyaai kerja sama dengan UNSRAT.
  6. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa kurangmampu dalam hal ekonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang bagus.
  7. Jalur Pascasarjana, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang ingin pindah dari D3 menjadi S1.
 
Biaya Kuliah UNSRAT Universitas Sam Ratulangi
Pendaftaran - Biaya Kuliah UNSRAT (Universitas Sam Ratulangi)

Pendaftaran Online UNSRAT Universitas Sam Ratulangi

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNSRAT sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNSRAT Jalur Mandiri.
Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNSRAT : SPMB UNSRAT, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRAT, Pendaftaran UNSRAT Online, Pendaftaran Online UNSRAT, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRAT, Cara dan Panduan Pendaftaran UNSRAT, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNSRAT.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk UNSRAT Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNSRAT secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website http://www.um.unsrat.ac.id.
Sekian informasi biaya kuliah UNSRAT yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNSRAT ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNSRAT. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

biaya kuliah unsrat tahun 2019, UKT T2 Unsrat, biaya teknik sipil sam ratulangi, biaya masuk fakultas kedokteran unsrat manado, biaya masuk fakultas kedokteran, biaya kuliah unsrat manado 2019, biaya kuliah unsrat, biaya kuliah teknik sipil unsrat 2019, biaya kuliah iba unsrat, biaya kuliah di unsrat 2019