Widget HTML Atas

Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNRAM Universitas Mataram 2019/2020

 Universitas Mataram atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNRAM merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang berdiri di bawah kementerian Pendidkan Nasional, yang berada didaerah Kota Mataram, Provinsi Nusatenggra Barat.
Dengan dukungan oleh semua golongan masyarakat untuk mendirikan sebuah Pergurun Tinggi di daerah Mataram, akhirnya dibentuk Panitai Persiapan Pedirian Universitas Negeri di Kota Mataram, dengan hasil musyawaroh panitia persiapan pendirian Universitas akhirnya keluarlahSurat Keputusan Menteri PTIP Nomor 89/62 tanggal 26 Juni 1962, yang diketuai oleh Gubernur Kepala Daerah Tinggat I NTB, yaitu R. Ar. Moh. Ruslan Tjakraningrat, dan menghasilkan dua usulan dari masyarakat yang berisi, sebagai berikut :
  • Pendirian Fakultas Ekonomi, Fakultas Peternakan, dan Fakultas yang menghasilakan ahli Agronomi.
  • Alternatif nama Unversitas : SANGKAREANG atau MATARAM.
Dengan bekerja keras, selalu berusaha akhirnya berdasarkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 139/62 tanggal 03 November 1962, telah ditetapkan berdirinya Universitas Negeri yang bertempat di Kota Mataram, akan tetapi tidak langsung ada kegiatn layaknya Universitas waktu itu.
Yayasan Pendidikn Sangkareng pad tanggala 19 Desember 1963 menyerahkan Fakultas Ekonom berikut 41 Mahasiswa kepada Gubernur, dan pada saat itulah Universitas Negeri Mataram mulai mengawali proses perkuliyaan dan kegiatanya.
Pada awal kegiatan perkuliyaan Universits Negeri Mataram masih memiliki 3 (tiga) Fakultas yang terdiri dari:
  • Fakultas Pertanian (1967)
  • Fakultas Peternakan (1967)
  • Fakultas Hukum (1967)
Dalam perkembangannya Universitas Negeri Mataram terus melakukan pengembanga untuk kemajuan generasi-generasi bangsa dan untuk meningkatkan SDM Indonesia khususnya di Kota Mataram dengan cara membuka dan menambah beberapa Fakultas. Mulai pada tahun 2011 Universits Negeri Mataram memiliki sembilan (9) Fakultas, yang terdiri dari:
  • Fakultas Pertanian tahun 1967
  • Fakultas Peternakan tahun 1967
  • Fakultas Hukum tahun 1967
  • Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tahun 1981
  • Fakultas teknik tahun 1991
  • Fakultas Matematika tahun 2007
  • Fakultas Ilmu pengetahuan Alam (FMIPA) tahun 2007
  • Fakultas kedokteran tahun 2007
  • Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri tahun 2012
 
Dalam pendaftaran Universitas Negeri Makassar menyediakan beberapa jalur pendaftaran, yang terdiri dari:
  1. Jalur SNMPTN, merupakan jalur pendaftaran caon mahasiswa baru yang merupakan jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang hanya diperuntukkan bagi siswa/siswi yang berprestasi secara akademik.
  2. Jalur SBMPTN, merupakan jalur pendaftaran calon mahasiswa baru yang merupakan jalur yang diselenggarakan secara Nasional. Dan jalur ini bisa diikuti oleh semua lulusan SLTA/ sederajad termasuk Paket C.
  3. Jalur Bidikmisi, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang hanya diperuntukkan bagi siswa/siswi yang tidak mampu dalam hal ekonomi akan tetapi memiliki nilai akademik yang baik.
  4. Jalur Pascasarjana, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru, jalur ini merupakan jalur yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
  5. Jaur Mandiri, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan secara lokal oleh panitiaUniversitasNeger makassar, jalur ini bisa juga dikatakan jalur alternatif karena jalu ini bisa diikuti peserta yang tidak lolos melalui jalur yang lain.

Biaya Kuliah UNRAM Universitas Mataram

Pendaftaran - Biaya Kuliah UNRAM (Universitas Mataram)

Pendaftaran Online UNRAM Universitas Mataram

Pendaftaran calon mahasiswa sudah cukup lama bisa dilakukan secara online, namun kini pendaftaran online UNRAM sudah menjadi jauh lebih baik, karena dapat diakses dengan berbagai media elektronik, tak hanya dengan komputer. Secara umum, ada 4 jenis seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia, yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN dan Seleksi Masuk UNRAM Jalur Mandiri.

Berikut kata kunci yang sering dibutuhkan oleh calon mahasiswa UNRAM : SPMB UNRAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRAM, Pendaftaran UNRAM Online, Pendaftaran Online UNRAM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRAM, Cara dan Panduan Pendaftaran UNRAM, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri UNRAM.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Pendaftaran online SNMPTN bisa diakses melalui http://snmptn.ac.id/. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai pada bulan Feabruari – Maret setiap tahunnya. Seleksi melalui SNMPTN ini hanya berdasarkan nilai rapor dari siswa selama menempuh pendidikan di tingkat MA/SMA/SMK .

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Pendaftaran online SBMPTN bisa diakses melalui http://sbmptn.ac.id/. Pendaftaran SBMPTN biasanya dimulai pada bulan April – Mei setiap tahunnya. Seleksi melalui SBMPTN berbeda dengan SNMPTN, pada seleksi SBMPTN calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang bisa ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa yang dengan memilih PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test).

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN)
Pendafataran online UM PTKIN bisa diakses melalui http://um-ptkin.ac.id/.  Pendafataran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri dibawah naungan Kementerian Agama Republik indonesia. Sehingga hanya calon mahasiswa yang memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang bisa mengikuti seleksi ini.

Seleksi Masuk UNRAM Jalur Mandiri
Seleksi Jalur Mandiri Di UNRAM secara umum telah ditentukan oleh pihak kampus sendiri, mengenai standar calon mahasiswa yang akan diterima atau ditolak, tentunya juga berbeda dibanding dengan jalur seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui laman website https://pmbmandiri.unram.ac.id/.

Sekian informasi biaya kuliah UNRAM yang bisa kami bagikan kepada anda calon mahasiswa. Kemungkinan terburuk pada saat melakukan pendaftaran di UNRAM ialah tidak diterima atau tidak lolos seleksi. Namun tidak perlu berkecil hati karena terdapat beberapa kampus unggulan lain yang letak lokasinya juga berdekatan dengan lokasi kampus UNRAM. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan tersebut, tidak ada salahnya apabila mengantongi informasi kampus lain. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
biaya fakultas kedokteran unram, biaya universitas mataram, jadwal jalur mandiri unram 2019, biaya kuliah di unram, biaya mandiri unram, biaya kulya jalur mandiri unram, ukt unram ac if, biaya kuliah universitas mataram jalur mandiri, Biaya kuliah jalur mandiri unram, biaya kuliah jalur mandiri kedokteran unram

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran dan Biaya Kuliah UNRAM Universitas Mataram 2019/2020"