Widget HTML Atas

Kampus Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia 2022

Menurut wikipedia, Teknik Mesin mempelajari mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, dan manufaktur dan pemeliharaan dari suatu sistem mekanik.Teknik mesin membutuhkan konsep mendalam mengenai kinematika, mekanika, teknik material, dan termodinamika.Untuk menunjang bidang keilmuan teknik mesin dibutuhkan pengetahuan dasar seperti matematika, fisika, kimia, dan juga teknologi informasi.
Indonesia memiliki banyak sekali tersebar kampus dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari kampus yang berstatus negeri maupun swasta. Terdapat banyak jenis jurusan yang ada di masing-masing kampus tersebut. Bahkan dibeberapa kampus memiliki jurusan yang terbaik salah satunya adalah Teknik Mesin. Lalu kampus mana sajakah yang memiliki jurusan Teknik Mesin terbaik di Indonesia:

Baca Juga: Pendaftaran dan Biaya Kuliah UPNVJ UPN Veteran Jakarta

1. Institut Teknologi Bandung

Menjadi bagian dari FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara), tak heran jika program studi teknik mesin ITB telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.
Di program studi teknik mesin ITB akan mempelajari mengenai konversi energi yang berkonsentrasi pada mesin-mesin seperti motor bakar, sistem termal, mesin fluida. Selain itu, di prodi ini akan belajar mengenai perancangan mesin yang efisien, dari gambar teknik, modeling, simulasi dari prototipe mesin.

2. Universitas Indonesia

Teknik mesin UI merupakan bagian dari fakultas Teknik UI. Program studi ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.
Selain itu, teknik mesin UI juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari ASEAN University Network (AUN) 2008 dengan di bawah departemen teknik sipil.
Teknik mesin UI juga menyelenggarakan program fast track untuk mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun saja.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menunjukkan kualitas pendidikannya di bidang keteknikan dengan mendapatkan akreditasi internasional yaitu  Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET). Terdapat 4 program studi yang mendapatkan akreditasi dari ABET yang diantaranya adalah program studi Teknik Mesin.

4. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

Teknik mesin ITS dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru untuk mendaftar di sini karena sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.
Jurusan teknik mesin ITS mempunyai tiga bidang studi yaitu Konversi Energi, Desain, dan Teknik Produksi. Bidang konversi energi mempelajari cara mengubah energi dari sumbernya menjadi energi yang berguna. Bidang Studi Desain mempelajari bagaimana mendesain suatu peralatan mesin. Bidang Studi teknik produksi mempelajari cara memproduksi benda ataupun bagian mesin dari segi teknik, proses maupun manajemen.

5. Universitas Sebelas Maret

UNS yang merupakan salah satu kampus favorit di kota Solo ini juga mempunyai program studi Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Mesin. Masing-masing dari kedua prodi tersebut juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.
Selain kelima kampus di atas, berikut ini merupakan kampus dengan program studi teknik mesin yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro memiliki program studi yang telah terakreditasi internasional salah satunya adalah program studi teknik mesin. Pencapaian ini diberikan oleh lembaga akreditasi internasional ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

7. Universitas Brawijaya
8. Universitas Sumatera Utara
9. Universitas Negeri Malang
10. Universitas Islam Indonesia
11. Universitas Negeri Semarang
12. Universitas Negeri Yogyakarta
13. Universitas Hassanuddin
14. Universitas Syiah Kuala
15. Universitas Gunadarma
16. Universitas Udayana
17. Universitas Pancasila
18. Universitas Andalas
19. Universitas Pasundan
20. Universitas Negeri Medan
21. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
22. Universitas Negeri Surabaya
23. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
24. Universitas Tarumanegara
25. Universitas Muslim Indonesia
26. Universitas Negeri Padang
27. Universitas Kristen Petra
28. Universitas Pendidikan Indonesia
29. Universitas Trisakti

Baca Juga: Pendaftaran dan Biaya Kuliah Telkom University


Lulusan sarjana teknik mesin mempunyai prospek kerja yang sangat luas di berbagai perusahaan swasta maupun instansi pemerintah.Sarjana teknik mesin dapat bekerja dalam bidang otomotif, bidang minyak dan gas, bidang manufaktur, bidang konstruksi, dan pembangkit energi.

Penelusuran yang terkait dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik

  • politeknik dengan jurusan teknik mesin terbaik
  • universitas swasta jurusan teknik mesin terbaik di indonesia
  • universitas teknik mesin di jogja
  • fakultas teknik mesin otomotif di jakarta
  • universitas teknik mesin di jakarta
  • universitas teknik mesin di jawa timur
  • universitas teknik mesin di surabaya
  • teknik mesin terbaik di dunia

1 komentar untuk "Kampus Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia 2022"

  1. Buat kamu yang ingin mempercantik tampilan hotspot mikrotik, anda bisa download gratis login page mikrotik terbaru 2021 disini.
    Sumber : https://mikrotips.xyz/login-page-mikrotik-terbaru-2021/

    BalasHapus

Posting Komentar