Kamis, 30 Agustus 2018

10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik dI Indonesia

Daftar PTS terbaik ini dirangkum dari tiga sumber: Kemenristekdikti, Webometrics, dan UniRank.
Penilaian Webometrics berdasarkan data seperti Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Presence merupakan jumlah halaman website (html) Universitas dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari Google.  
Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari Google. Openness merupakan jumlah file dokumen, Microsoft Word, and Microsoft Powerpoint yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari Google Scholar. Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.  

Sedangkan kalo Kemenristekdikti, mutu pendidikan dinilai dari empat komponen, yakni kualitas kelembagaan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kegiatan kemahasiswaan serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.
“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir dilansir 

dari laman resmi Kemenristekdikti.
UniRank yang dahulu bernama 4ICU (4 International Colleges and Universities) memiliki kriteria: terakreditasi, memiliki program setidaknya 4 tahun untuk S1 atau memiliki program pasca sarjana, serta memberikan format pembelajaran tradisional atau tatap muka. 
Dengan rilis universitas terbaik ini, HAI ingin membantu para calon mahasiswa supaya nggak bingung memilih dan memilah mana saja universitas terbaik yang layak dia pertimbangkan.

Menurut data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggu (BAN-PT) ada tujuh universitas swasta terbaik di Jakarta yang punya akreditasi A di tahun 2018, adalah sebagai berikut:

1. Universitas Mercubuana

Universitas Mercubuana (news.okezone.com)
Universitas Mercubuana (news.okezone.com)
Universitas Mercu Buana masuk sebagai salah satu universitas terbaik di Jakarta dari sisi akreditasi.  Universitas Mercu Buana memiliki akreditas A sejak awal tahun 2017 hingga lima tahun ke depan. Universitas yang didirikan sejak tahun 1985 ini masuk dalam jajaran universitas swasta terbaik di Jakarta tahun 2018 dan menempati urutan ke-22 di Indonesia berdasarkan 4icu Uni Rank. Universitas Mercubuana yang didirikan oleh pengusaha Probosutedjo (almarhum) memiliki 6 fakultas untuk Strata 1 yakni Fakultas Desain dan Seni Kreatif, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Komputer. Kampus utama Universitas Mercubuana terletak di Jalan Meruya Selatan, Kembangan-Jakarta Barat.

2. Universitas Bina Nusantara

Binus (infokomputer.grid.id)
Binus (infokomputer.grid.id)
Universitas swasta terbaik di Jakarta lainnya yang bisa kamu lirik adalah Universitas Bina Nusantara yang kampus utamanya terletak di Jalan KH. Syahdan No. 9 Kemanggisan, Palmerah dan di Jalan Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk-Jakarta Barat. Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan nama Universitas Binus ini ternyata menempati urutan ke-15 universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan 4icu Uni Rank. Untuk Strata 1, ada sekitar 11 fakultas yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah Fakultas Desain, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik Informatika,  Fakultas Ilmi Komputer, dan masih banyak lagi.

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Atmajaya (nasional.tempo.co)
Universitas Atmajaya (nasional.tempo.co)
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau yang disingkat dengan nama Unika Atma Jaya merupakan universitas swasta yang didirikan sejak tahun 1960. Universitas swasta terbaik di Jakarta ini terletak di pusat kota, yakni di Jalan Jendral Sudirman 51, Jakarta Selatan, dan menyandang status akreditasi A sejak akhir tahun 2016 lalu hingga sekarang. Bagi kamu yang ingin mengambil Strata 1, ada setidaknya 8 fakultas yang bisa kamu pilih yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Tekonobiologi, dan Fakultas Psikologi.

4. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma (hoteldekatkampus.com)
Universitas Gunadarma (hoteldekatkampus.com)
Universitas Gunadarma yang sudah mendapat label akreditasi A ini juga bisa masuk deretan universitas swasta terbaik di Jakarta dari sisi akreditasi. Kampus yang didirikan pada tahun 1996 ini sangat mudah dijangkau dengan angkutan umum dan kereta commuter line karena terletak di Jalan Margonda Raya 100 Pondok Cina, Depok. Setidaknya ada enam fakultas yang bisa kamu pilih untuk Strata 1 yaitu, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

5. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Uhamka (www.voa-islam.com)
Uhamka (www.voa-islam.com)
Beralih ke Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang sudah berdiri sejak tahun 1987. Universitas swasta terbaik di Jakarta ini terkenal dengan Fakultas Keguruan dan Pendidikannya. Jadi buat kamu yang ingin menjadi seorang pengajar atau guru, kamu bisa mendaftar di universitas ini. Selain Fakultas Keguruan dan Pendidikan, ada 7 fakultas lainnya untuk tingkat Strata 1 yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi, Fakultas Agama Islam, Ilmu Sosial dan Politik, dan Fakultas Farmasi dan Sains. Kampus utama Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka berada di Jalan Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

6. Universitas Nasional

UNAS (www.unas.ac.id)
UNAS (www.unas.ac.id)
Universitas Nasional atau UNAS yang lokasi kampus utamanya berada di Jalan Sawi Manila Pejaten, Pasar Minggu-Jakarta Selatan ini merupakan universitas swasta tertua di Jakarta dan universitas tertua kedua di Indonesia. Tak heran jika universitas ini menyandang predikat sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta. Didirikan pada tahun 1949, UNAS memiliki 8 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Teknik dan Sains, Fakultas Biologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Selain itu masih ada Akademi Pariwisata Nasional dan Akademi Bahasa Asing Nasional.

7. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara (robagu.co.id)
Universitas Tarumanagara (robagu.co.id)
Terakhir adalah Universitas Tarumanagara yang kampus utamanya terletak di Jalan Letje S. Parman No. 1 Jakarta Barat. Universitas ini mendapat predikat A dalam Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) oleh BAN-PT sejak tahun 2017. Universitas Tarumanagara sudah ada sejak tahun 1959 dan pada saat itu baru ada Fakultas Ekonomi saja. Tapi sekarang universitas ini menawarkan 8 Fakultas untuk Strata 1 yaitu, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Kelebihan dan Kekurangan Universitas Swasta

Sama seperti universitas negeri, universitas swasta juga punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari universitas swasta adalah peluang kamu diterima jauh lebih besar, fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran lebih lengkap, bangunan gedung tampilannya lebih modern, memiliki kampus cabang yang bisa kamu sesuaikan dengan domisili, dan jam belajar yang lebih fleksibel karena banyak kelas karyawan jadi kamu bisa kuliah sambil bekerja.
Sementara kekurangan utama dari universitas swasta adalah tingginya biaya yang kamu butuhkan karena biaya yang diperlukan bisa dua kali lipat dibanding universitas negeri. Untuk itu, jika kamu mengalami kendala kekurangan biaya pendidikan, kamu bisa memanfaatkan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan). Penggunaan dana KTA bersifat fleksibel, termasuk untuk biaya pendidikan.


8.Universitas Telkom

Peringkat 61 Kemenristekdikti, 25 Webometrics, dan 24 UniRank
Lokasi: DayeuhKolot,  Bandung
Jurusan unggulan:
  • Teknik Elektro
  • Manajemen bisnis Telekomunikasi Informatika,
  • Teknik telekomunikasi
  • Desain Komunikasi visual 

9.Universitas Katolik Parahyangan
Peringkat 34 Kemenristekdikti, 36 Webometrics, dan 65 UniRank
Lokasi:  Bandung
Jurusan unggulan:
  • Hubungan Internasional
  • Arsitektur
  • Hukum
  • Filsafat

10.Universitas Surabaya Peringkat 31 Kemenristekdikti, 52 Webometrics, dan 49 UniRank
Lokasi: Surabaya
Jurusan unggulan:
  • Akuntasi
  • Manajemen
  • Desain/Multimedia
  • Psikologi



loading...